Jumat, 18 Januari 2013

SEPUTAR MASALAH ELEKTRIKAL MOBIL (Kelistrikan Mobil)

PEMBAGIAN ARUS / STROOM PADA MOBIL
BERDASARKAN FUNGSINYA


Dalam sistem Elektrikal Mobil / Kelistrikan mobil pada umumnya terdapat beberapa macam arus positif (+) atau yang sering kita sebut dengan STROOM yang dibagi menurut fungsinya, antara lain :
1. STROOM LANGSUNG
2. STROOM ACCESSORIES / ACC.
3. STROOM KONTAK ON / IGNITION
4. STROOM STARTER
Sedangkan untuk GROUND / Massa  / arus negatif (-) biasanya langsung dihubungkan ke bagian Mesin (Massa Engine) dan ke body mobil (Massa Body).

STROOM LANGSUNG
Yang dimaksud dengan Stroom Langsung disini adalah stroom yang langsung berhubungan dengan sumber daya (ACCU / Baterai) tanpa kita menyalakan kontak atau kunci kontak pada posisi OFF. Jadi stroom ini selalu standby walaupun kendaraan / mobil dalam keadaan mesin mati atau kontak off.
Ada beberapa sistem pada elektrikal mobil yang menggunakan Stroom Langsung, antara lain :
1. Lampu Head lamp / Head Light
2. Lampu Kecil / Lampu Kota (TAIL)
3. Lampu Rem / Lampu Stop
4. Lampu Hazzard
5. Lampu Foglamp
6. Lampu Plafon
7. Klakson / HORN
8. Central Lock
9. Alarm mobil

STROOM ACCESSORIES (ACC)
Dalam sistem elektrikal mobil yang dimaksud dengan Stroom Accessories yaitu stroom yang terhubung dengan sumber daya pada waktu kontak / kunci mobil diputar pada posisi ACC, dan mesin mobil masih dalam keadaan mati.
Beberapa perangkat mobil yang menggunakan Stroom accessories antara lain adalah :
1. Sistem Audio / Tape mobil.
2. Lighter
3. Jam
Selain menggunakan stroom accesories untuk sistem Audio mobil dan Jam juga membutuhkan/menggunakan stroom langsung untuk posisi standby.

STROOM KONTAK ON / IGNITION
Stroom kontak ini sangat penting dalam sistem elektrikal mobil karena banyak dipakai / digunakan untuk mensuplai stroom yang berhubungan dengan kontrol mesin / engine sebelum mesin mobil dihidupkan atau dinyalakan. Yang dimaksud dengan Stroom Kontak / Ignition disini yaitu stroom yang berhubungan dengan sumber daya pada waktu kunci kontak pada posisi ON, baik sebelum atau setelah mesin mobil dihidupkan.
Beberapa sistem perangkat mobil yang menggunakan Stroom kontak antara lain adalah :
  1. Lampu Sein / TURN
  2. Lampu Mundur
  3. AC Mobil
  4. Wiper
  5. Washer (Air wiper)
  6. Power Window
  7. Electric Mirror
  8. Switch Karburator
  9. Pompa bensin
10. Gauge
11. Coil
12. Alternator (Dinamo Ampere)
13. Electronic / Engine Control Unit (ECU)
14. Fan Radiator / Fan AC
15. DLL.

STROOM STARTER
Yaitu strom yang digunakan pada waktu kita akan menghidupkan / menyalakan mesin mobil, kontak pada posisi START. Stroom ini digunakan / dihubungkan pada Dinamo Starter yang berfungsi untuk menstarter mesin mobil. Selain itu, stroom starter ini juga biasa digunakam sebagai sinyal pada jalur relay pompa bensin (fuel pump),






PERMASALAHAN PADA LAMPU MOBIL


Pada sebuah mobil  umumnya terdapat beberapa sistem lampu antara lain : Lampu Head Lamp, Lampu Kecil / Lampu Kota (TAIL), Lampu Sein (TURN), Hazzard, Lampu Stop / Lampu Rem, Lampu Mundur / Lampu Atret, Lampu Plafon, Lampu Fog Lamp / Lampu Kabut dan lain-lain.
Untuk menjaga / merawat mobil anda supaya lampu-lampu yang ada tetap nyala dan berfungsi dengan baik perlu anda ketahui beberapa masalah yang sering terjadi pada sistem lampu kendaraan anda.

LAMPU HEAD LAMP / HEAD LIGHT
Lampu Head Lamp pada mobil yang standard umumnya berdaya  55/60 watt, sedangkan yang telah dilengkapi dengan relay lampu biasanya menggunakan lampu berdaya  90/100 watt sehingga lebih terang. Jadi apabila kendaraan / mobil anda masih menggunakan lampu standard (55/60 watt) dan akan diganti dengan lampu yang berdaya lebih besar (90/100 watt) sebaiknya ditambah / pasang KABEL RELAY LAMPU untuk menjaga keamanan kendaraan anda.

Masalah yang sering terjadi pada lampu Head Lamp antara lain :
-> Lampu tidak nyala (mati) kedua-duanya, kanan dan kiri (mati total).
-> Lampu nyala sebelah atau redup sebelah (lampu kanan atau kiri saja yang nyala).
-> Hanya lampu dekat (Low) saja yang nyala.
-> Hanya lampu jauh (High) saja yang nyala.
Untuk mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi pada lampu Head Lamp bisa kita test dengan menggunakan Testpen untuk memastikan apakah penyebab tidak nyalanya lampu itu pada bohlamnya yang putus (mati) atau sekring (fuse) yang putus, atau mungkin jalur kabelnya yang bermasalah. Jika mobil anda dilengkapi dengan relay lampu, bisa juga terjadi kerusakan pada jalur Kabel Relay atau relaynya yang rusak.

Anda bisa melakukan test pada bagian soket lampu Head Lamp dan pada sekering (fuse) untuk mengetahui apakah terdapat arus (stroom) atau tidak pada jalur lampu tersebut.

LAMPU KECIL / LAMPU KOTA (TAIL)
Lampu kecil ini banyak terdapat pada kendaraan / mobil anda, ada pada bagian depan kanan dan kiri, bagian belakang kanan dan kiri, serta dibagian dalam (Dashboard). Lampu ini biasanya menggunakan bohlam yang berdaya kecil akan tetapi sangat penting fungsinya terutama untuk bagian belakang mobil anda.
Permasalahan yang sering terjadi pada lampu ini biasanya pada bohlam atau sekering yang putus sehingga menyebabkan lampu tidak nyala. Sedangkan penyebab kerusakan yang lain bisa terjadi apabila ada kesalahan penyambungan jalur yang menyebabkan korslet pada jalur lampu tersebut.

LAMPU SEIN (TURN) DAN HAZZARD
Pada umunya lampu sein ini terdapat di bagian depan kanan-kiri dan bagian belakang kanan-kiri kendaraan anda dan menyala dengan warna kuning,   ada pula yang terdapat di bagian samping mobil anda. Lampu ini berfungsi sebagai tanda pada waktu kendaraan mau belok ke kanan atau ke kiri, atau pada waktu mau menyalip kendaraan yang ada di depan kita. Sedangkan lampu hazzard berfungsi sebagai lampu peringatan atau lampu bahaya.
Permasalahan yang sering terjadi pada lampu ini biasanya tidak nyala disebabkan bohlam yang putus atau sekeringnya yang putus. Apabila lampu nyala tetapi tidak ngedip kemungkinan terdapat kerusakan atau masalah pada Flasher, atau jika ngedip terlalu cepat kemungkinan ada salah satu bohlam/lampu yang tidak nyala.

LAMPU STOP / LAMPU REM
Lampu ini terdapat pada bagian belakang kanan-kiri kendaraan anda, berfungsi sebagai tanda pada waktu kendaraanakan akan berhenti atau pada waktu menginjak rem. Lampu ini sangat penting karena memberi tanda pada kendaraan yang ada di belakang kita agar berhati-hati pada waktu kita menginjak rem.
Permasalahan pada lampu ini jika tidak nyala biasanya hanya bohlam atau sekering saja yang putus, tetapi ada juga yang disebabkan oleh switch rem yang rusak atau bermasalah.

LAMPU MUNDUR / LAMPU ATRET
Lampu ini hanya terdapat pada bagian belakang kendaraan anda dan berfungsi sebagai tanda bahwa kendaraan anda mau atau sedang berjalan mundur, terutama pada waktu mau parkir. Jika lampu ini tidak nyala bisa disebabkan bohlam atau sekring yang putus dan kemungkinan lain terdapat masalah pada switch mundur yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

LAMPU FOGLAMP
Tidak semua mobil ada / mempunyai kelengkapan Lampu ini, jadi apabila pada kendaraan anda terdapat lampu foglamp atau anda ingin menambah / memasang lampu Foglamp baru, ada baiknya anda perlu perhatikan beberapa hal berikut ini : Sebaiknya gunakan lampu yang sesuai standard mobil anda, biasanya untuk lampu yang standard berdaya 55 watt, jika ingin mengganti dengan daya yang lebih besar sebaiknya dilengkapi juga dengan Kabel Relay untuk menjaga keamanan kendaraan anda agar tidak terjadi korslet atau kabel panas/terbakar karena kelebihan beban.




194 komentar:

  1. Bro boleh tanya ya....kalo kita pasang atau memakai electrik spion )spion lipat oyomatis....sebaiknya menggunakan sistem arus yang bagaimana ?...terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tanya mas...sewaktu mobil AGYA sedang berjalan mendadak saja lampu hazard nyala terus tidak bisa dimatikan dengan switch lampu hazard. Bisa di OFF kan dengan cabut sekring. Akan tetapi lampu sein juga ikut mati. Bagaimana solusinya mas?

      Hapus
    2. Pak lampu kota truk yundai ada yg tau tidak

      Hapus
  2. makasih mas herman ane tambah pengetahuan nih dengan postingan anda. ngomong-ngomong sambil mau tanya nih, lampu kota APV ane mati nih, jadi kalau malam lampu belakang gelap kasihan yang ngikuti ane di belakang, cuma lampu rem yang nyala. itu sebabnya apa ya? gimana cara ngatasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Check lampu n fuse ny dulu

      Hapus
    2. Siang mas
      Aku mau tanya . Kabel indikator minyak rem corolla all new sy putus . Tp sy cari2 putusnya gak ktmu . Kira2 di sambungkan kmn mas . Mks

      Hapus
  3. saya nyoamn dari bali mo tanya sedikit saya ada mazda mx 6 1991 bermasalah kontak ignition kunci mungkin aus pada posisi kunci acc on saya ukur voltmetr menunjukkan 12,45 pada saat mesin hidup ac on kipas kenceng jika kipas rendah angka naik jadi 12,80 padahal pada aki normal diukur 13,6 volt saya berupaya menambah relay dari aki ke kontak bisa saya tahu 85,86.87.30 ke mna disambung yg benar
    kedua apa solusi anda
    thanks master sebelumnya

    BalasHapus
  4. mas ni sy mau nanya .sy mobil suzuki picup,pd waktu di kontak on indikator di dasbot kok gak mau nyala semua,trus distater gak mau hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek aki dulu mas.. kalo aki masih bagus, cek soket kunci kontak kemungkinan ada kabel yg lepas/putus

      Hapus
  5. mas mau tanya tape sama lampu plafond gak nyala ngecek kelistrikannya gimana..? seperti yang di atas stroom langsung ..nah jalurnya yang apa tandanya..?

    BalasHapus
  6. Mas mau tanya permasalahan spion yg tidak bergerak kiri kanan dan atas bawah,dan apakah spion itu menggunakan relay?

    BalasHapus
  7. bos ane punya panther th 93 . punya masalah lampu kota tidak menyala . sikring semua sudah di cek . mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di saklar di bawah stir mas.. biasanya mobil tua saklarnya dah kotor.. bersihin pake amplas..

      Hapus
  8. Mas mau nanya nich, posisi kondisi mesin mati tapi relay untuk fan ac mobil espass 1,3) terasa panas penyebabnya apa yaa, alur pengecekan bagamaimana? mohon pencerahannya. apa hal ini yang menyebabkan accu sering tekor. Matunuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti sinyal untuk relay dengan stroom kontak, sedangkan untuk inputnya tetap stroom langsung dari aki.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. mas mau tanya pada soket lampu sein di bawah stir ada 6 kabel, itu apa aja yaaa matur nuwun

    BalasHapus
  11. Mas, kalau lampu plafon innova mati itu masalanya dmn yh ?
    Trims

    BalasHapus
  12. apa problemnya kok fuel pump espass sering rusak? apa karena relaynya....kalo dilangsung tanpa relay gimana?

    BalasHapus
  13. Mas Herman, konci kontak xenia saya posisi acc mati, starter apalagi, lampu indokator km mati juga, lampu jam mati, pwr window mati, wiper juga mati, alarm mati. Yang hidup klakson, hazard, lampu kota, lampu besar, dan lampu kabin. Cek sekring bwh stir gak ada yg putus tapi gak ada strum, hanya sekring hazard dan door lock yg ada strum. Intinya kehilangan strum di konci kontak. Soket konci kontak gak ada strum...solusi cek yg mana mas, trims.

    BalasHapus
  14. kang herman, klason dan power window tetap hidup walau kunci off bahkan sdh dicabut. itu memang seperti itu atau terjadi korslet. maaf ya masih awam (baru beli mobil seken).

    BalasHapus
  15. gan mau nanya,kijang super ane kalau pedal remnya di injek malah mati kira kira troubelnya dimana ya gan? bohlam lampu di tester bagus.lampu kotanya malah yang ngedip.mohon bantuanya gan.

    BalasHapus
  16. Kang Herman mo tanya saya pakai KIA RIO 2012 (beli 2nd) ada masalah ketika mobil sedang jalan tape mobil nyala dan ketika saya menyalakan lampu jauh/DIM sesaat (memberi isyarat mobil didepan) tape mobil langsung mati dan restart/nyala kembali kenapa yah? yang lebih parah lagi (sama kasusnya menyalakan DIM) mesin mobil mati (seperti kunci kontak dimatikan) indikator panel2 mati terus nyala sendirinya (sesaat) untuk mesin saya musti nyalakan dengan cara oper gigi ke P (matic) baru dikontak/starter baru nyala mesinnya dan ODO meter/trip/pengukur jarak tempuh kereset menjadi 0KM (digital) kasusnya seperti cabut kabel di aki... itu kenapa yah? sudah saya bawa ke bengkel resmi diperiksa dan dibongkar pasang soket2 kabel didashboard pengecekan box sikring/relay dan aki dan pihak bengkel tidak menemukan kerusakan apa2/normal dan setelah itu saya coba dan memang tidak timbul lagi yang saya takutkan nnt sewaktu waktu kambuh lagi, itu masalahanya kenapa yah? apakah ada yg short? apakah ada kabel putus? atau gimana? mohon bantuannya. tq...

    BalasHapus
  17. Saya mau tanya lampu plafon saya semuanya mati total papa yang harus saya lakukan mohon petunjuk terima kasih

    BalasHapus
  18. bung admin dijawab pertanyaan yang diatas. bermanfaat sekali bagi saya.

    BalasHapus
  19. Mas.. swicth rem itu dimana posisinya ya.. lampu stop/rem mobil saya tidak fungsi kalo diinjak.. lampu sdh diganti, sekering baru.. mhn saran. Tks. Yudha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Swicth rem di pedal rem mas kabelnya ada 2

      Hapus
  20. Bos..menanya ya bos, saya pakek avanza 2010 yang menjadi bingung saya bos, lampu rem pada sisi sebelah kanan setelah diinjak rem seharusnya nyala tanpa menyalakan lampu kota tapi ini tidak nyala setelah dihidupkan lampu kota baru nyala yang jadi bingung sebelah aja. Maaf saya pergunakan lampu rem model led SM bukan slot..saya ganti bolm standard sama aja gitu...kira2 apa ya bos mohon infonya ? Terimakasih.

    BalasHapus
  21. Mas saya mau tanya soal foglamp. Mobil saya xenia li sporty itu foglamp nya mati tpi lampu yg di saklar nyala terus kira" masalahnya di mana ya.? Tanks.

    BalasHapus
  22. nanya mas., untuk repair total mobil daihatsu charade classy biayanya berapa?? terima jadi,trims

    BalasHapus
  23. mas lampu senja mobil saya pertama2 redup sebelah tp lama kelamaan mati keduanya...bohlam masih ok....kira2 kenapa ya.....mohon pencerahan..trims

    BalasHapus
  24. Mas,...mo nanya neh,..saya masang aksesoris tambahan lampu DRL di mobil saya, dan jalur kelistrikan saya sambung secara paralel dengan jalur lampu senja bagian kanan. Kira-kira akan berpengaruh terhadap intensitas cahaya lampu senja gak ya?apakah saya perlu pasang sekring tambahan?ato sekring yang di kabin untuk lampu senja saya tambah yg ukuran lebih besar?kira2 gmana mas?...terima kasih

    BalasHapus
  25. Mau nanya nih kalo mobil panther sein nya nyala yang ke kanan kok wiper ikut nyala ya , mohon dibalas

    BalasHapus
  26. Mobil saya zebra tahun 1995 mas mau tanya kalo lampu utamanya kok nyalanya redup ya yang lampu dekat ataupun lampu jauh... terimakasih

    BalasHapus
  27. Mobil saya zebra tahun 1995 mas mau tanya kalo lampu utamanya kok nyalanya redup ya yang lampu dekat ataupun lampu jauh... terimakasih

    BalasHapus
  28. Mobil saya baru 2 beli bulan tahun 2015.. saya suka pakai kendaraan jarak pendek tapi tiap hari, & saya tidak menggunakan mobil selama 4 hari . ketika saya mau pakai kelistrikan mobil saya semuanya tidak menyala & mobil saya tidak bisa menyala. mohon bantuannya?

    BalasHapus
  29. Mas Herman... Mau Tanya nih Mobil Taruna sy th 2000 CSX.. Lampu senin sm wiper mati..sdh ganti blok saklar msh ga Bisa hidup jg senin sm wiper.. Gmn supaya Bisa normal kembali. Brp estimasi biaya nya ya.thanks ya Mas Herman

    BalasHapus
  30. Maksudnya lampu sein Dan wiper

    BalasHapus
  31. Ijin tanya pak, mobil saya lancer dan gan 91.selalu tekor aki padahal aki baru ganti dan service alternator. Jika kunci kontak dicabut, di pulley alternator msh ada reaksi magnet sedikit. Dimana masalahnya ya pak, makasih.

    BalasHapus
  32. Ass wr wb, Mas Herman saya mau tanya kebetulan saya baru beli Toyota Rush 2 end th 2008, kenapa accu selalu tekor setelah 2 hari tidak di jalanin mesinnya(dipanasin) maklum baru pake mbl rush.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  33. Kang mau nanya...lampu mobil kijang sgx saya...lampu dekat nya jadi lampu jauh sementara lampu jauh nya mati apa penyebab nya ya kang mohon solusinya trim's by.boedy cikande-serang

    BalasHapus
  34. mau tanya mas, untuk jimny pada saat skakel dinyalakan/on pada lampu kota kok yg nyala lampu depan/lampu besar jauh, dan pada saat injak rem lampu depan/besar yg nyala, mohon petunjuk, trimakasih

    BalasHapus
  35. Mas, saya pake vios 2008, headlampnya kok susah banget nyala ya?? Harus beberapa kali dicari2 putar2 saklar di posisi on/off, lampu senja sm spedo nyala,, tapi kadang pas saklar diputar2 lampu senja sm speedo ikutan mati,, kira2 ad trouble dmn ya..?? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo seperti itu yg bermasalah saklar lampunya harus diservis

      Hapus
  36. Mas bos... relay engine saya kok panas yah dan kadang2 bikin temperatur mendadak naik.. great corolla

    BalasHapus
  37. Mas bos... relay engine saya kok panas yah dan kadang2 bikin temperatur mendadak naik.. great corolla

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo temperatur naik kemungkinan fan radiator gak nyala, relay engine atau main relay dipakai untuk suplay stroom ke fan radiator, mungkin relaynya kendor jadi panas. Coba ditekan biar kenceng

      Hapus
    2. Kalo temperatur naik kemungkinan fan radiator gak nyala, relay engine atau main relay dipakai untuk suplay stroom ke fan radiator, mungkin relaynya kendor jadi panas. Coba ditekan biar kenceng

      Hapus
    3. Maksudnya relay engine atau main relay dipakai untuk suplay strom k fan radiator bermasalah ngk mas bro?

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Mas Kalau lampu sein ikut nyala semua saat rem di injak, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Problem yg sama saya juga mobil zenia itu kenapa ya???

      Hapus
  40. Maaf mas mu tanya. Kalau lampu mundur ga nyala kenapa ya? Sekring ato switchnya ya? Letak sekringnya kodenya apa ya mas? Terima kasih

    BalasHapus
  41. bro hambatan relay pada mobil kijang kapsul berapa ya kira kira?

    BalasHapus
  42. Mobil sy carry extra lampu jauh'y mati tp lampu idikator jauh'y nyala.mana yg mesti diperbaiki yah.makasih mas bro

    BalasHapus
  43. Om,mw nnya om,mobil saya agya,,,lampu rem nya gk nyala om,,tpi klo lampu kota nya nyala,,kira2 apa mslahnya ya om,,trimakasih om,

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Pak sy mau tanya urutan kabel mobil suzuki carry futura di stop kontak ignition warna2 kabel masing fungsinya apa. Misalnya kuning sebagai kabel apa, merwh dst, sebelumnya terima kasih banyak pak atas bantuannya.

    BalasHapus
  46. Pak sy mau tanya urutan kabel mobil suzuki carry futura di stop kontak ignition warna2 kabel masing fungsinya apa. Misalnya kuning sebagai kabel apa, merwh dst, sebelumnya terima kasih banyak pak atas bantuannya.

    BalasHapus
  47. Pak sy mau tanya urutan kabel mobil suzuki carry futura di stop kontak ignition warna2 kabel masing fungsinya apa. Misalnya kuning sebagai kabel apa, merwh dst, sebelumnya terima kasih banyak pak atas bantuannya.

    BalasHapus
  48. Ass, om herman , saya mau pasang pog lamp di mbl saya ngambil arus+ ny dari accu langsung atau dari mn om ,
    Thank

    BalasHapus
  49. Ass im herman mau tanya saya mau rombak lampu sein bodi samping kanan kiri mobil ft 86 mengikuti lampu senja ..jadi pas senja hidup lampu sein kanan kiri juga nyala begitu lampu sein nya di nyala kan maka lampu bodi kanan kiri juga ikut kedip ...gimana silusi nya tlng di bantu ya om herman... terima kasih

    BalasHapus
  50. ass im om bro herman mau tanya,lampu sepidometer sama lampu seri/malam mati itu knapa yah,apa sikring nya/ada kendala lain padahal lampu nya baru,klau rem nya nyala???

    BalasHapus
  51. ass im om bro herman mau tanya,lampu sepidometer sama lampu seri/malam mati itu knapa yah,apa sikring nya/ada kendala lain padahal lampu nya baru,klau rem nya nyala???

    BalasHapus
  52. mas ku mau tanya.aku pnya vios th 2007,lampu belakang brsamaan dgn lampu spedometer ikt mati.aku periksa sikring gk putus apanya tu mas mohon rendah hati tuk mnjwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Problem yg sama dengan sy mas sudah ada solusinya belum ya ? Mohon pencernaan ya mksh

      Hapus
  53. Bos,q punya kijang super jadul...,tahun 1989 ,lampu utamanya gak terang,apa yg hrs saya ganti dan apa yg diperbaiki?? Saat ini saya pakai wattnya 100/90

    BalasHapus
  54. Om, mau nanya..lampu sein kl dihidupkan malah yang nyala lampu hazard semua, gimana solusinya,
    Trims.

    BalasHapus
  55. Om, mau nanya..lampu sein kl dihidupkan malah yang nyala lampu hazard semua, gimana solusinya,
    Trims.

    BalasHapus
  56. bro mau tanya kalau mau service strom kontak on all new yaris berapa ya biayanya ?

    BalasHapus
  57. Maaf Gan,, Truck Mitsubishi Canter 2011 Saya Jika Head Lamp Dihidupkan Control Temperatur & Solar Ikut Naik Sedikit, Kadang" Klu Hihg Lamp nya Dihidupkan Temperature Naik Sampai Mentok.. Minta Pencerahanya Mana Yang Harus Di Cek ?

    BalasHapus
  58. Mas knapa ya lampu sein serta klakson tidak bisa berfungsi sdngkan untuk lampu kabut serta lampu utama malah bisa hidup?

    BalasHapus
  59. Maaf gan,,ane mau tanya. Mobil ertiga thn 2012..kenapa tidak ada arus masuk ke indikator,arus listrik padam semua..mobil baru aja abis dipake jalan.. padahal baterainya masih ok..mohon pencerahan trima kasih

    BalasHapus
  60. Permisi pak Herman, saya mau tanya sekring headlamp mobil saya panasnya berlebihan sampai membuat sekring maupaun rumahnya meleleh padahal saya hanya menggunakan bohlam H4 standar 55/60 watt, dan sekring harus yang 25 amp kalau dibawahnya pasti tidak kuat atau putus kalau 25 amp tidak putus tapi karena besar amperenya 25 membuat sekring maupun rumahnya meleleh karena terlalu panas, saya sudah ganti saklar kombinasi hari ini dengan yang baru merek stecker OEM standar untuk espass tipe S93 thn 2006 tapi masih tetap panas, sebelumnya saklar lama bawaan mobil bermasalah di lampu dekat kalau dihidupkan lampu jauh pasti ikut nyala karena hal ini saya pikir penyebab sekring panas karena dua lampu nyala bersamaan lalu saya beli baru ternyata betul sekarang bisa sudah normal nyala yaitu lampu senja, lampu dekat, lampu jauh dan dim sdh nyala sesuai bila saklar diaktifkan, hanya masalah sekring panas berlebihan tetap saja tidak berkurang padahal bohlam tidak headlamp tetap standar 55/60 tidak dimodifikasi ke yang lebih besar wattnya, kira kira masalahnya dimana ya? Mohon bantuanya, sebelumnya terima kasih, saya tinggal di Malang Jawa Timur.

    BalasHapus
  61. Permisi pak Herman, saya mau tanya sekring headlamp mobil saya panasnya berlebihan sampai membuat sekring maupaun rumahnya meleleh padahal saya hanya menggunakan bohlam H4 standar 55/60 watt, dan sekring harus yang 25 amp kalau dibawahnya pasti tidak kuat atau putus kalau 25 amp tidak putus tapi karena besar amperenya 25 membuat sekring maupun rumahnya meleleh karena terlalu panas, saya sudah ganti saklar kombinasi hari ini dengan yang baru merek stecker OEM standar untuk espass tipe S93 thn 2006 tapi masih tetap panas, sebelumnya saklar lama bawaan mobil bermasalah di lampu dekat kalau dihidupkan lampu jauh pasti ikut nyala karena hal ini saya pikir penyebab sekring panas karena dua lampu nyala bersamaan lalu saya beli baru ternyata betul sekarang bisa sudah normal nyala yaitu lampu senja, lampu dekat, lampu jauh dan dim sdh nyala sesuai bila saklar diaktifkan, hanya masalah sekring panas berlebihan tetap saja tidak berkurang padahal bohlam tidak headlamp tetap standar 55/60 tidak dimodifikasi ke yang lebih besar wattnya, kira kira masalahnya dimana ya? Mohon bantuanya, sebelumnya terima kasih, saya tinggal di Malang Jawa Timur.

    BalasHapus
  62. Permisi pak Herman, saya mau tanya sekring headlamp mobil saya panasnya berlebihan sampai membuat sekring maupaun rumahnya meleleh padahal saya hanya menggunakan bohlam H4 standar 55/60 watt, dan sekring harus yang 25 amp kalau dibawahnya pasti tidak kuat atau putus kalau 25 amp tidak putus tapi karena besar amperenya 25 membuat sekring maupun rumahnya meleleh karena terlalu panas, saya sudah ganti saklar kombinasi hari ini dengan yang baru merek stecker OEM standar untuk espass tipe S93 thn 2006 tapi masih tetap panas, sebelumnya saklar lama bawaan mobil bermasalah di lampu dekat kalau dihidupkan lampu jauh pasti ikut nyala karena hal ini saya pikir penyebab sekring panas karena dua lampu nyala bersamaan lalu saya beli baru ternyata betul sekarang bisa sudah normal nyala yaitu lampu senja, lampu dekat, lampu jauh dan dim sdh nyala sesuai bila saklar diaktifkan, hanya masalah sekring panas berlebihan tetap saja tidak berkurang padahal bohlam headlamp tetap standar 55/60 tidak dimodifikasi ke yang lebih besar wattnya, kira kira masalahnya dimana ya? Mohon bantuanya, sebelumnya terima kasih, saya tinggal di Malang Jawa Timur.

    BalasHapus
  63. Permisi pak Herman, saya mau tanya sekring headlamp mobil saya panasnya berlebihan sampai membuat sekring maupaun rumahnya meleleh padahal saya hanya menggunakan bohlam H4 standar 55/60 watt, dan sekring harus yang 25 amp kalau dibawahnya pasti tidak kuat atau putus kalau 25 amp tidak putus tapi karena besar amperenya 25 membuat sekring maupun rumahnya meleleh karena terlalu panas, saya sudah ganti saklar kombinasi hari ini dengan yang baru merek stecker OEM standar untuk espass tipe S93 thn 2006 tapi masih tetap panas, sebelumnya saklar lama bawaan mobil bermasalah di lampu dekat kalau dihidupkan lampu jauh pasti ikut nyala karena hal ini saya pikir penyebab sekring panas karena dua lampu nyala bersamaan lalu saya beli baru ternyata betul sekarang bisa sudah normal nyala yaitu lampu senja, lampu dekat, lampu jauh dan dim sdh nyala sesuai bila saklar diaktifkan, hanya masalah sekring panas berlebihan tetap saja tidak berkurang padahal bohlam headlamp tetap standar 55/60 tidak dimodifikasi ke yang lebih besar wattnya, kira kira masalahnya dimana ya? Mohon bantuanya, sebelumnya terima kasih, saya tinggal di Malang Jawa Timur.

    BalasHapus
  64. pak herman saya mau tanya kenapa lampu atrek/alaram atrek menyala terus saat posisi on kontak pada truk HD 120PS bagaimana mengatasinya. trimakasih...(palu sulteng)

    BalasHapus
  65. Saya mau tanya gan,kalau waktu kesalahan pasang kable buat amplifier pda mobil apv,tiba2 audio n lampu dalam(plavon)tidak nyala semua.biasa low kya gitu buat nyalain lampu plavon n audio nya lagi harus gimana gan.

    BalasHapus
  66. Saya mau tanya gan,kalau waktu kesalahan pasang kable buat amplifier pda mobil apv,tiba2 audio n lampu dalam(plavon)tidak nyala semua.biasa low kya gitu buat nyalain lampu plavon n audio nya lagi harus gimana gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada kesalahan atau korslet biasanya ada sekring/fuse yang putus, untuk jalur audio menggunakan stroom langsung dgn sekring doom atau room yang dipakai juga untuk jalur lampu plafon. Coba cek sekring doom/room, jika putus diganti dengan ampere yg sama.

      Hapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Kang Herman, salam kenal om, mau tanya nih kang, Kijang Super 94, jarum indicator temperatur seperti RPM, saat di gas naik, kalau dibawa jalan sampai mentok merah, bila berhenti normal, perlu diketahui Waterpump baru, radiator udah service, sudah ganti swich temperatur, Panel indicator temperatur sudah pernah diganti, thermostart sdh dicabut, saat kabel swicth yg dimesin dicabut indicator mati , mohon pencerahan, terima kasih ya kang

    BalasHapus
  70. mas bro saya mau tanya soal lampu cabin digreat xenia 2016,saya mengganti lampu cabin dgn lampu variasi,setelah saya ganti lagi dengan yang asli lampu cabin mati total..jadi yang saya harus cek apanya mas

    BalasHapus
  71. Selamat siang mas mau tannya knpa ya dengan mobil saya sekringnya sering setaternya putus pada mobil apv...cara ngtasinnya bagaimana

    BalasHapus
  72. Selamat siang mas mau tannya knpa ya dengan mobil saya sekringnya sering setaternya putus pada mobil apv...cara ngtasinnya bagaimana

    BalasHapus
  73. selamat siang,ms.herman..
    sy pny kijang super '94.sistem lampu utama 100watt udh pake relay.knp, jk di pake ngedim/lampu jauh kadang2 mati. bahkan utk tuas lampu jk yg ke bwh ( lampu jauh) kadang jg mati. knp ya mas herman

    BalasHapus
  74. Mau tanya mas,saya punya mobil agya, saya kemarin pasang lampu asesoris.. tapi tiba2 lampu seri saya mati total,,lampu dasbort pun mati,,tapi lampu besarnya tidak mati,,saya mau tanya kendalanya mas?

    BalasHapus
  75. selamat malam mas herman. saya pengguna corolla dx th 81.. kemarin siang tiba tiba ada asap putih muncul dari bawah dashboard. selintas saya langsng mengecek ternyata kabel + klakson menempel body. kabel rumah sikring dikabin mesin sampai hangus. solusi nya gimna ya?? makasih

    BalasHapus
  76. Permisi mau nanya, kalo fan radiator tidak bisa nyala otomatis gimana ya?
    Jadi nyalanya kalo ac dihidupkan saja, kalo servis biayanya kira2 berapa ya?

    BalasHapus
  77. numpang tanya pak .kalau buat sein canter ps125 kedip cepat gimana pak capek cari di google smua yang di bhas sein motor.tlong infonya pak

    BalasHapus
  78. mau tanya&mohon solusinya om herman..
    permasalahan ada di lampu sein,lampu di sepedo meter,/chg&oli mati semua,
    untuk starter,bisa,wiper jg nyala..
    &klo mesin hidup,nyala lampu makin redup,macem pengisisian ga activ..

    BalasHapus
  79. mau tanya&mohon solusinya om herman..
    permasalahan ada di lampu sein,lampu di sepedo meter,/chg&oli mati semua,
    untuk starter,bisa,wiper jg nyala..
    &klo mesin hidup,nyala lampu makin redup,macem pengisisian ga activ..

    BalasHapus
  80. Mau tanya ni pak.. saya mau pasang lampu DRL putih kuning, ada 3 kabel (kuning, merah, hitam) nah om.. merah + hitam katanya di sambung ke lampu sein, kabel putih kuning sambungnya kemana ya pak.. untuk bisa nyala pada saat di On, dan mati pada saat di Off.. mohon petunjuk pak sambung kemana seharusnya

    BalasHapus
  81. Saya bukan admin tp sy akan kasih masukan aja bos , Ke kontak on klo mau nya nyala saat di on , tp yg umum biasa nya putih ke lampu kota kuning ke sein dan hitam ke ground / masa body

    BalasHapus
  82. salam kenal
    Mau nanya and solusinya nih
    Mobil ane avz 11 ...lampu kabin posisi
    Door gak mau nyala pas pinti kebuka
    Mohon petunjuk

    BalasHapus
  83. salam kenal
    Mau nanya and solusinya nih
    Mobil ane avz 11 ...lampu kabin posisi
    Door gak mau nyala pas pinti kebuka
    Mohon petunjuk

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. Om tanya dunk..saya pake espas...lampu mundur nyala terus meski posisi netral, atau gigi,1,2,3,4..tetep nyala itu keenapa ya....mohon tanggapannya om..makasih seblmnya

    BalasHapus
  86. misi mas mau nanya nih,,,klo mesin mobil ngga mau mati walaupun kabel ke aki di lepas.itu masalahnya di bagian apanya ya?makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  87. jalur fuel pump kijang kapsul efi ssx ngambinya dari mna om
    blas email tonnisetyoko@gmail.com

    BalasHapus
  88. Mas Herman boleh tanya gak, saya mo nambah fog lamp sebaiknya ngambil arus dari mana?
    Thanks infonya ditunggu

    BalasHapus
  89. Kalo lampu dim'nya gak nyala gimana gan?
    Padahal buat bohlam lampunya gak putus tp gak nyala,bahkan indikatornya di speedo mobil ikut nyala cuma lampunya aja gak nyala,jd itu solusinya gmn?
    Mobil ane kijang grand extra thn 1995
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  90. misi pak mau tanya problem mobil saya ketika di nyalakan sein kiri atau hazard wiper ikut menyala.
    mohon info dan solusinya.

    BalasHapus
  91. Bos klo mobil berhenti kenapa akix habis seyromnya dan akinya bisa panas

    BalasHapus
  92. Mas mau nanya nih. Lampu engine saya mati mas. Masin tidak bisa hidup. Kdg di goyang2 di box sekring hdup mati lagi mas. Apa msalah ny tu mas

    BalasHapus
  93. Mau tannya nih mobil baleno sy kan lampu sepedometernya gelap lampu udh aku pasang semua tp msh gelap lampu mlm pun udh di on tetap mati gmn cara urut cablenya yaa apa di soketnya atau apanya mksih minta penjelasannya

    BalasHapus
  94. Mau tannya nih mobil baleno sy kan lampu sepedometernya gelap lampu udh aku pasang semua tp msh gelap lampu mlm pun udh di on tetap mati gmn cara urut cablenya yaa apa di soketnya atau apanya mksih minta penjelasannya

    BalasHapus
  95. Mas mau tanya. Letak switch lampu mundur twin cam AE92 disebelah mana ya..
    Tq

    BalasHapus
  96. Mas kalu lampu depanya mati keduanya terus pas aku cek pake taspen ketiga kabelnya berarus + kira kira apanya yg salah?

    BalasHapus
  97. Mas lampu mobil sy kok bisa nyala sediri lampu kota sedan dx81

    BalasHapus
  98. Mas, salam kenal. Mau tanya mas....saya pakai mobil xenia, saya punya maslaha adalah kalau saya injak pedal rem, lampu kota ikut nyala. Biasanya injak pedal rem pintu tenrkunci, sekarang gak berfungsi. Mohon bantuan mas.

    BalasHapus
  99. Bos mau tanya ap pnyebab digital bensin tdk mau naik biar sdh d gnti plmpung

    BalasHapus
  100. mobil saya lampunya mati tapi kalau dihidupkan lampu jauh hidup,, apa masalahnya,, oya ntar malam jangan lupa tonton http://www.betkingbola.com/prediksi-skor-manchester-united-vs-everton-17-september-2017/

    BalasHapus
  101. Mas mohon dikasih pencerahan nya mas... masalah ada pada lampu dan ac. Saat lampu depan dan ac dinyalakan semua normal. Tapi kalau kontak lampu di matikan dan ac nya hidup tapi kok lampu depan nya tidak mati. Kalau ac juga di mTikan barulah lampu nya mati.

    BalasHapus
  102. Malam mas begini selang pawer stering saya kan bocor trus saya ganti tapi kalau mau buka pawer steringnya kan kita harus buka dinamo stromnya,nah pada saat di pasangkan kembali tiba-tiba sistem kelistrikan pada mobil mati semua, penyebabnya kira-kira apa ya mas...maaf mobil saya dam truk Center mohon d bantu...makasi

    BalasHapus
  103. Minta maaf sebelumnya mas... Mau tanya sya mau masang alrm mobil trus ada kabel yg harus d sambung ke lampu sein.. kira2 warna kabel lampu sein avanza warna apa ya...?

    BalasHapus
  104. Izin Bertanya Mas..
    lampu sein kiri dan tanda indikator sein kiri tidak menyala ..klo yang sein kanan normal,,
    begitu juga lampu harzad yg kiri tidak Menyala.
    kira2 masalah nya ada di mana ya,,,?
    mobil nya xenia lama 2010

    tks Mas

    BalasHapus
  105. mau nanya mas, lampu kabut swift punya saya ga mau mati, meskipun soket pada saklarnya udah dicabut...knapa ya ???

    BalasHapus
  106. Mau tanya mas, di box sekring kijang sya ada arus dalam kondsi off..
    Itu normal ga?? Gmn solusinya? Trims

    BalasHapus
  107. Mau tanya mas, lampu sign nyala kurang terang penyebabnya kira" apa ya ? Bohlam baru sesuai standartnya. Terima kasih

    BalasHapus
  108. Mau tanya mas, lampu sign nyala kurang terang penyebabnya kira" apa ya ? Bohlam baru sesuai standartnya. Terima kasih

    BalasHapus
  109. Cara cek swich lampu mundur gmna om caranya???makasih

    BalasHapus
  110. Oe herman..coba d bls semua koment2 tuh..pake jual mahal segala

    BalasHapus
  111. Mas..saya punya vios 2008, pada saat menyalakan AC, lampu sen tidak menyala, tetapi jika AC di matikan normal kembali.Kira-kira kenapa ya?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  112. Mas..saya punya vios 2008, pada saat menyalakan AC, lampu sen tidak menyala, tetapi jika AC di matikan normal kembali.Kira-kira kenapa ya?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  113. Mas, mau tanyakalau lampu senja dan lampu utama hidup, lampu di speedo meter mati itu rusak nya dimana ya? Mohon pencerahan. Trims

    BalasHapus
  114. Omm tombol indikator lampu foglamp saya tetap nyala walau mesin di matikan,, ini lampu foglamp tambahan sendiri mobil grand livina 2011, memang begini atau ada yg salah iya omm

    BalasHapus
  115. Omm tombol indikator lampu foglamp saya tetap nyala walau mesin di matikan,, ini lampu foglamp tambahan sendiri mobil grand livina 2011, memang begini atau ada yg salah iya omm

    BalasHapus
  116. pak Herman saya ada masalah dengan kabel panther kapsul, korslet pada ac nya, klo relay di tancap langsung sekring utama 600ampere putus, kenapa ya, apa yang harus di check, ada WA pak Herman

    BalasHapus
  117. Maaf mau tanya kenapa lampu utama canter 2015 cepat panas dan cahayanya terlalu terang saya pakai accu 70A

    BalasHapus
  118. Mas knp soket yg d bawah stir suzuki carry pibk up 2010 panas klo nyalakan lampu dekat.soket yg dari sakelar2 lampu.trimakasih

    BalasHapus
  119. gimana caranya biar kabel lampu sein belakang carry tidak dimakan tikus

    BalasHapus
  120. Gan Mau tanya, Lampu Head Avanza 2013 lampu dekat mati(lampu jauh nyala kedua-duanya) yg kiri saja. Awalnya saat dinyalakan tidak nyala, soket saya ketok ke depan nyala, sekarang tdk menyala. Fuse 10 A keduanya nyala. saya kira soketnya, namun saat saya ganti soket sama saja. Kira-kira rusak dimananya ya?

    BalasHapus
  121. Mas herman, mau tanya lampu speedometer, knob ac, lampu segitiga, mati semua
    Vios 2008,, kira2 gmn ya? Nuhun..

    BalasHapus
  122. Gan mau nanya klu saklar lampu ertiga cara kerjanya bagaimana?
    Saat high beam apakah low beam nya mati apa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. R3 lama masih H4, Kalau pas Hi, low-nya mati, Mas.
      Kalau R3 2018 pakai HB3 dan H11 keduanya nyala kalau pas Hi-beam

      Hapus
  123. Mohon maaf Agan semua kalo komen yang di belum sempat dibalas, soalnya saya jarang on line di blog jadi gak tahu kalo banyak yang komen.
    Jika Agan ada pertanyaan atau masalah tentang kelistrikan mobil bisa langsung hubungi lewat WA aja ke no: 081289976812. Terima kasih

    BalasHapus
  124. Lampu utama di nyalahkan,tapi kenapa lampu sepidometer jd redup

    BalasHapus
  125. Info mas.. bila hari fuse lampu depan mobil lgx terbakar korslet...yg 30 A .setelah sy perbaiki sambungan kabelnya fan ganti sekrinnh ma reley jg tp kok lampu jauh ato lampu tembak tidak mnyala.... masalahnya dimamn ya.. mhon pencerahan...

    BalasHapus
  126. Saya mau tanya mobil Strada Triton saya lampu depan gak nyala dan arus ke sekring maupun relay gak ada setrumnya mohon solusinya terima kasih

    BalasHapus
  127. Buat siapa aj yg tau ..kalau lampu utama mobil gk nyala itu yg harus di benahi yg mn bos.. sekring ok. Soket ok. Gk tau yg mn lgi pusing

    BalasHapus
  128. Mau tanya mas
    Lampu kota mobil lgx saya setelah dimatikan lampunya tetap nyala apa yg perlu diperbaiki mas mksh

    BalasHapus
  129. Bang Herman, terima panggilan kerumah kan ? kabel lampu mobil saya panas dan lampunya sering mati hidup. (kalau lampu depan dinyalakan) Minta nmr WA/HP Bro. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel body,dinamo mobil.7 Februari 2020 01.31
      081362882556 Teknisi kelistrikan & dinamo mobil,rakit instalasi kabel body baru.Terima panggilan servis ke lokasi mobil. melayani servis lokasi jabodetabek.

      Balas

      Hapus
  130. Bang mau tanya dunk warna kabel putih kontak innova 2016 ANKI di tes gak ada arusnya padahal sudah di posisi ON kuncinya,panel2 juga mati ,letak sekeringnya dimana ya itu

    BalasHapus
  131. Mau tanya indikator lampu jarak jauh greco kok ga nyala kenapa ya mas???apanya yg harus di cek

    BalasHapus
  132. Mas mobil sy kijang grand 96 kenapa ya tape mobil nya suka mati trus hidup lg jika power windows di gunakan

    BalasHapus
  133. mas bro tanya nee,,klo ganti kabel/service kabel engine baleno thn 96 estimasi kena berapa mas bro,,berhubung pada lecet kabelnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 081362882556 Teknisi kelistrikan & dinamo mobil,rakit instalasi kabel body baru.Terima panggilan servis ke lokasi mobil. melayani servis lokasi jabodetabek.

      Hapus
  134. Mas mawu naya mobil saya nisan evalia stater tapi tida hidup apa solusi ya

    BalasHapus
  135. Gan mau tanya letak sekring lampu senja dan dashboard Toyota great Corolla dimana ya

    BalasHapus
  136. Min,
    Lampu kota mobil saya amti bersamaan dg lampu spedo meter... Kira2 apanya ya min??

    Kalo kabelnya, kebel yg mana kah??

    Sekering untuk lampu tsb disebelah mana ya??

    BalasHapus
  137. Min,
    Lampu kota mobil saya amti bersamaan dg lampu spedo meter... Kira2 apanya ya min??

    Kalo kabelnya, kebel yg mana kah??

    Sekering untuk lampu tsb disebelah mana ya??

    BalasHapus
  138. Aku mau nanya dong,mobilku Futura karburator th 2006,jika lampu besar nyala pompa bensin nya sering mati tiba tiba kaya tekor baterai,di cek arus dari alternator bagus,saya ganti pompa bensin nya sama aja nggk bener juga,jadi apa masalah nya gan?????������

    BalasHapus
  139. Mas herman .kemaren sy pasang HU mobil vios .tapi sikring lampu senja selalu putus dan sering konslet minta pengarahan maksih

    BalasHapus
  140. Mas mau tanya, kalo lampu hazard nyala terus tanpa kedip, padahal kontak off, apa penyebabnya?

    BalasHapus
  141. Mas saya fatur dri sul teng sya mau tanya apa penyebab gas kendur atau kaya tdk bertenaga pabila posisi ac on lalu kita nyalakan lampu parkir

    BalasHapus
  142. Numpang nanya mas. Mobilku kadang2 statr gk bisa nyala di dinamo kayakya gk kemasukan strums stat. Ini kadang2 kaya gitu apakah harus ganti kabel konntak stat. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  143. Numpang nanya mas.mobilq grand new avanza 2017.kenapa lampu tailnya sm lampu fognya mati ya mas..sudah q cari d sikringnya bagus semua mas.sama lampu indikator acnya juga ikut mati mas..kenapa y mas

    BalasHapus
  144. Mohon bimbinganya mas,lpu elp ndak mau nyalaarus ada cma groun yg dari swit lampu tidak sampai kedepen...mhon pencerahannya....

    BalasHapus
  145. Pa senior mau tanya mbl saya suzuki xover.lampu dan instrumen dispedometer nyala terus ketika pssi kunci kontak off/kunci dilepas tetap nyala.jd klo mau parkir dicopot batterai biar ga soak?🙏

    BalasHapus
  146. Mas, gimana ya caranya kalau lagi ngedim, truz foglampnya mati,,,aq pngen gituin gan biar keliatan ala2 bismalam gitu

    BalasHapus
  147. Bos kalo switch rem nya apv d sebelah mana y.?

    BalasHapus
  148. Tolong kasih diagram jalur kabel lampu kota untuk panther 98,,,

    BalasHapus
  149. kia picanto 2013 sdh 4 hari ini kalu rem diinjak indikator lampu kota ikut nyala,tetapi nyala nya bbrp detik mati terus kedip kedip mati..tetapi kalau bohlam 22 nya dicopot indikator lampu kota gak ikut nyala

    BalasHapus
  150. kia picanto 2013 sdh 4 hari ini kalu rem diinjak indikator lampu kota ikut nyala,tetapi nyala nya bbrp detik mati terus kedip kedip mati..tetapi kalau bohlam 22 nya dicopot indikator lampu kota gak ikut nyala

    BalasHapus
  151. kia picanto 2013 sdh 4 hari ini kalu rem diinjak indikator lampu kota ikut nyala,tetapi nyala nya bbrp detik mati terus kedip kedip mati..tetapi kalau bohlam 22 nya dicopot indikator lampu kota gak ikut nyala

    BalasHapus
  152. 081362882556 Teknisi kelistrikan & dinamo mobil,rakit instalasi kabel body baru.Terima panggilan servis ke lokasi mobil. melayani servis lokasi jabodetabek.

    BalasHapus
  153. 081362882556 Teknisi kelistrikan & dinamo mobil,rakit instalasi kabel body baru.Terima panggilan servis ke lokasi mobil. melayani servis lokasi jabodetabek.

    BalasHapus
  154. Saya ada masalah pada ac mobil toyota tush th 2013. Kompresor sama fan radiatornya tidak mau hidup kalau pada saat mesin idle / rpm rendah (800 - 900rpm) akan tetapi kalau gas ditahan pada rpm2000, kompresor dan fan radiatornya hidup, kalau di lepas gas mati lagi. Ada yg bisa bantu?

    BalasHapus
  155. boss lampu vios 2008 redup/gak terang apanya ya itu ada relay lampu nya gx

    BalasHapus
  156. kabel body,dinamo mobil.7 Februari 2020 01.31
    081362882556 Teknisi kelistrikan & dinamo mobil,rakit instalasi kabel body baru.Terima panggilan servis ke lokasi mobil. melayani servis lokasi jabodetabek.

    Balas

    BalasHapus
  157. kabel body,dinamo mobil.7 Februari 2020 01.31
    081362882556 Teknisi kelistrikan & dinamo mobil,rakit instalasi kabel body baru.Terima panggilan servis ke lokasi mobil. melayani servis lokasi jabodetabek.

    Balas

    BalasHapus
  158. Mas mau tanya mobil saya grand new Avanza 2017. Saklar dan kunci kontak posisi off, tetapi lampu kota depan belakang Masi tetap menyala. Kira2 apanya yg rusak mas? Tks

    BalasHapus
  159. Mas mau nanya nih.
    Mobil q jazz matic 2005.
    Kontak posisi off tpi power window, electric mirror, klakson, head unit, dll msh bisa berfungsi itu normal gak ya.
    Mksh..🙏

    BalasHapus
  160. mau tanya sedikit mas. mobil saya pik up susuki karbo, saya kontak on pompa minyak buyi tapi bensin tidak naik, kalau saya sambung ke aki minyak naik. itu masala nya d mana mas. mohon pencerahan nya. makasi.

    BalasHapus
  161. boss klau lampu vios 2008 pakek relay gx si

    BalasHapus
  162. Agar lampu senja nyala terus,, baiknya diambilkan dari stroom. Apa ya bos

    BalasHapus
  163. Mas mau tanya, apa penyebab lampu kabin menyala saat injak rem, tp lampu rem malah ga nyala. Mohon pencerahannya.terimakasih 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  164. Bang mohon bantuanya letak switch lampu atret vios 2004 di sebelah mana y

    BalasHapus
  165. Mas ,saya mau tanya , untuk suzuki swif 2013 saat mobil terendah tapi tidak sampai ke ECU ,WAKTUDI CERFIS semua soket dilepas DICUCI ,,SETELAH PEMASANGAN SELESAI,, SEWAKTU KONTAK KEADAAN ON KHUSUS LAMPU INDIKATOR TIDAK NYALA ,,MOHAN PENCERAHANNYA TERIMA KASIH SEBELUMNYA

    BalasHapus
  166. Mas jalur kabel lampu kota panter pic up 97 putus ,mau rakit ulang

    BalasHapus
  167. mau tanya bos... warna kabel lampu senja pada sekring apa ya?
    smua lampu senja dan lampu dasboard sy mati, sedangkan dimobil sy tdk menggunakan relay...

    BalasHapus
  168. Tanya om, saya baru ganti HU single din touch screen, semua kabel sya rasa sudah terpasang sesuai jalurnya, dan HU nya berfungsi dengan baik, cuma masalahnya waktu dihidupkan headlampnya, HU langsung mati, jika headlampnya dimatikan HU hidup lagi, saya coba putuskan headlamp nya dan saya hidupkan kontak headlamp, HU tidak mati, saya sambungkan lagi headlampnya dan saya hidupkan, HU mati lagi, padahal waktu pakai HU single din yang standar tanpa layar nggak masalah walau dihidupkan headlampnya, kira2 masalahnya apa om? Mohon pencerahan nya, terimakasih sebelumnya 🙏🙏

    BalasHapus